Bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, MIND ID Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Lokal

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Industri Pertambangan MIND ID terus memberikan dukungan penuh kepada masyarakat, melalui berbagai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) MIND ID.

Anggota MIND ID, PT Timah Tbk melakukan normalisasi muara sungai Binting di Dusun 2, Desa Belo Laut, Kabupaten Bangka Barat.

Pengerukan alur muara sungai ini dilakukan untuk membantu akses nelayan sekitar saat membawa hasil tangkapannya.

Alur muara Sungai Binting merupakan salah satu akses nelayan untuk pergi ke laut dan kembali ke darat. Muara sungai tersebut sempat mengalami pendangkalan, sehingga kerap menganggu lalu lintas kapal nelayan.

Dengan bantuan dari PT Timah Tbk, muara sungai dikeruk dan dibersihkan, sehingga mempermudah perahu nelayan bersandar.

Tidak hanya PT Timah Tbk, PT Bukit Asam (PTBA) juga melakukan berbagai program TJSL untuk membantu nelayan lokal di sekitar perusahaannya. Grup MIND ID ini lakukan konservasi terumbu karang di Pesawaran, Lampung.

PTBA turut berkontribusi dalam konservasi terumbu karang di kawasan tersebut sejak 2016.

Bekerja sama dengan Lampung Underwater Community (LUC), PTBA menanam sebanyak 160 bibit terumbu karang pada Maret 2023 lalu.

Bibit tersebut terdiri dari beberapa jenis, yaitu Acropora Pulchra atau Formosa, Acropora Subglobra, Acropora Grandis, dan Mortipora Turgescens/Karang Emping.

Konservasi terumbu karang yang dilakukan PTBA dan LUC menggunakan bibit hasil penanaman terumbu karang pada tahun sebelumnya.

Konservasi terumbu karang perlu dilakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati bawah laut. Penanaman terumbu karang ini juga dilakukan agar ekosistem laut semakin berkembang, sehingga nelayan lokal dapat semakin produktif.

Grup MIND ID lainnya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga menjalankan komitmen meningkatkan perekonomian nelayan lokal dengan pelaksanaan program TJSL.

Salah satunya melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca Juga  Jadi Narasumber di Cerita Kita, Alam Ganjar Sampaikan Isu Generasi Muda di Bogor

PT Antam Tbk menyalurkan bantuan 100 unit mesin perahu untuk kelompok nelayan di desa Tambea, Hakatutobu dan Kelurahan Dawi-dawi, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka.
 
Bantuan tersebut merupakan kerjasama Pt Antam Tbk dengan Pemda Kolaka dan Yayasan Bahari (YARI) melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kecamatan Pomalaa.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *