Diduga Dukung Pasangan Prabowo-Gibran, Bawaslu Segera Panggil Apdesi

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) akhirnya bergerak dan menanggapi laporan dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi).

Menurut rencana, pemanggilan itu akan dilakukan pada Senin (27/11/2023). Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, laporan itu sedang didalami oleh pihaknya.

“Kemudian ini teman-teman Bawaslu DKI sedang bekerja memanggil Apdesi. Kalau enggak salah Senin ini untuk meminta keterangan dari Apdesi,” kata Bagja di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Adapun ribuan perangkat desa, termasuk Apdesi, yang tergabung dalam Desa Bersatu, turut menghadiri acara deklarasi dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/11/2023) lalu.

Bagja enggan menyimpulkan hasil pendalaman sementara yang dilakukan pihaknya terkait laporan itu.

“Jika ada dugaan pelanggaran tentu akan kami dalami sesuai dengan laporan pengawasan karena pada saat statement itu laporan pengawasan sedang dibuat,” ucap dia.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Jabar Menjadi Penentu Kemenangan Prabowo-Gibran Satu Putaran: Harus Dikuasai

Sebagai informasi, Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu yang Jurdil (AMPPJ) melaporkan panitia acara kegiatan Desa Bersatu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Kamis (23/11/2023).

Laporan dilayangkan karena panitia acara dianggap memobilisasi ribuan kepala desa (kades) untuk mendukung pasangan nomor urut dua, Prabowo- Gibran.

Dalam acara tersebut hadir pula calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

Siap ambil risiko

Sebelumnya Wakil Ketua Umum DPP Apdesi Sunan Bukhari mengaku siap menerima risiko atas dukungan organisasinya kepada pasangan calon presiden nomor urut 2 itu. Dukungan itu diberikan dalam acara
silaturahmi nasional (Silatnas) Desa Bersatu, Minggu (19/11/2023).

Dia mengatakan, acara Silatnas Desa Bersatu yang memberikan sinyal dukungan kepada Prabowo-Gibran tersebut adalah kegiatan rutin tahunan, sehingga tak ada yang perlu dipermasalahkan.

Baca Juga  Taman Margasatwa Ragunan Siapkan Keeper Talk untuk Berikan Edukasi ke Pengunjung

“Pada prinsipnya kami Desa Bersatu melakukan kegiatan rutin tahunan Silatnas Desa Bersatu 2023 dan kami siap jika harus menghadapi resiko,” ucap Sunan saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (25/11/2023).

Sunan juga membantah acara yang memberikan sinyal dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu adalah sebuah mobilisasi.

“Peserta 20.000 aparat kepala desa dari 8 organisasi itu, itu bukan mobilisasi, itu bergerak sendiri,” katanya.

Baca juga: Sebut Profesi Mulia Cak Imin Berjanji akan Memberi Gaji untuk Guru Ngaji

Ia juga menyebut, silaturahmi nasional adalah agenda membawa kepentingan desa dan memberikan rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR-RI.

“Makanya kenapa kemarin kita adakan demo juga, lanjutan dari aspirasi perangkat desa. Kan itu bentuk pertanggungjawaban kami kepada desa,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Besok, Bawaslu DKI Panggil Apdesi Dalami Laporan soal Dukungan untuk Prabowo-Gibran”



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *