Jelang Tahun Politik, Wapres Minta Pesantren Jaga Agar Tidak Ada Benturan

Jakarta: Indonesia akan memasuki tahun politik pada 2024. Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan agar pesantren berperan mengarahkan masyarakat sehingga tidak terjadi pembelahan karena perbedaan pilihan politik.
 
“Bagaimana pesantren menjaga tanah air ini supaya tidak terjadi hal-hal yang benturan,” ujar wapres seusai melakukan silaturahmi dengan Dewan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Annuqayah dan Ulama Se-Kabupaten Sumenep di Ponpes Annuqayah, Jawa Timur, Rabu, 9 Agustus 2023.
 
Pesantren, ujar wapres, sejak dulu menanamkan prinsip cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, pesantren berusaha menjaga agar tidak ada polarisasi atau keterbelahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wapres mengingatkan bahwa apabila para calon kandidat presiden dan wakil presiden ingin berkampanye, itu harus dilakukan dengan santun. “Di dalam memilih (calon), (pesantren) itu sudah punya garisnya bahwa pesantren harus memilih ya terbaik dari yang baik,” imbuh Wapres.
 
Adapun maksud dari sosok pemimpin yang terbaik, ujar Wapres, memiliki tiga kriteria yakni kelebihan, kelayakan, dan terakhir yang paling maslahat. “Kalau ada yang unggul, afdol, milih yang tidak unggul itu tidak boleh,” lanjut dia.
 

 
Wapres meyakini kiai serta para pimpinan pondok pesantren akan memilih pemimpin yang terbaik bagi bangsa. Hanya saja, pilihan tersebut menurut wapres, tidak disampaikan secara terang-terangan.
 
“Ya itu kiai-kiai yang punya (pilihan) sendiri. Tentu itu biasanya bisik-bisik itu. Tidak bahasa terang. Bahasa isyarat saja dan pasti (pilihannya) selalu membawa ketentraman,” ungkapnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(END)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Perkiraan Susunan Pemain Indonesia U-23 vs Yordania U-23, Rafael Struick Sebagai Juru Gedor Garuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *