Mau Mengajukan KPR Tanpa DP?Begini Caranya!

Jakarta: Saat ini, banyak orang yang mencari cara untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tanpa uang muka atau Down Payment (DP). Hal ini karena memiliki rumah menjadi impian bagi banyak orang.
 
Namun, membeli rumah juga menjadi suatu hal yang mewah. Terlebih karena harga rumah juga semakin melambung tinggi. Meskipun begitu, memiliki rumah bukanlah hal yang mustahil. Banyak orang yang mengambil program KPR untuk memiliki rumah impian.
 
Melalui pengajuan KPR, Anda dapat memiliki rumah tanpa harus mengumpulkan uang sebesar harga rumah yang ingin dimiliki. Dengan opsi cicilan dan tenor atau jangka pembayaran tertentu, Anda dapat memiliki rumah impian tanpa perlu menyediakan banyak dana.
 

Tidak hanya itu opsi KPR juga sudah dinilai aman. Nah saat ini membeli rumah juga menjadi semakin mudah karena beberapa bank memiliki program pengajuan KPR tanpa uang muka. Melalui program tersebut, masyarakat dapat mengajukan KPR tanpa DP sehingga tidak perlu merogoh kocek untuk uang muka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah, artikel ini akan membahas apa aja sih syarat yang perlu dipenuhi untuk mengajukan KPR tanpa uang muka dan cara-cara yang bisa diterapkan untuk mengajukan KPR tanpa DP di bank? Berikut penjelasannya dikutip dari laman resmi BTN, Senin, 14 Agustus 2023.

Apakah KPR tanpa DP atau uang muka diperbolehkan?


Tips mengajukan KPR tanpa DP. Ilustrasi: Shutterstock
 
Mungkin banyak orang yang masih bingung bahwa apakah mengajukan kredit rumah atau pembelian rumah dengan program KPR tanpa DP diperbolehkan. Mengingat, ada banyak pengembang rumah yang mempromosikan program DP 0 persen atau kredit rumah tanpa DP.
 
Awalnya, Bank Indonesia sebagai salah satu lembaga keuangan tertinggi melarang proses mengajukan KPR tanpa DP karena adanya aturan bahwa biaya minimal DP adalah 15 persen dari harga rumah.
 
Namun, sejak 1 Agustus 2018, Bank Indonesia akhirnya memberi kelonggaran aturan terkait DP, sehingga seluruh bank di Indonesia dapat secara bebas menentukan minimal besaran nilai kredit untuk pembelian rumah nasabah.

Syarat mengajukan KPR tanpa DP

Mau Mengajukan KPR Tanpa DP?Begini Caranya!
Dengan kemudahan yang diberikan, yaitu KPR tanpa DP, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pada saat pengajuan KPR. Syarat pengajuan KPR tanpa uang muka pada dasarnya sama seperti syarat pengajuan KPR pada umumnya, antara lain:

  1. Fotokopi Kartu Identitas atau KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Rekening tabungan tiga bulan terakhir
  4. Slip gaji tiga bulan terakhir
  5. Surat keterangan kerja
  6. Surat nikah
  7. NPWP

Kekurangan dan Kelebihan KPR tanpa DP

Kebijakan pemerintah dan kebijakan bank yang menyediakan opsi KPR tanpa uang muka tentu membuat orang-orang yang mengalami kendala akibat biaya semakin besar menjadi lebih mudah dalam membeli rumah.
 
Meski terlihat mudah, tetapi tentu ada konsekuensi juga. Walaupun menggiurkan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan KPR tanpa DP.
 
Karena Anda tidak perlu membayar uang muka, maka cicilan bulananmu akan menjadi lebih besar atau jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, besarnya jumlah cicilan tiap bulannya juga mengharuskan Anda untuk memiliki penghasilan yang lebih besar juga agar semakin mudah dalam mengajukan KPR tanpa DP.
 
Pertimbangan lain adalah memilih bank yang tepat, karena tidak semua bank memenuhi persyaratan agar dapat melaksanakan program KPR tanpa uang muka dari Bank Indonesia.
 
Selain itu, Anda harus menghindari adanya kredit macet. Adanya kredit macet bisa menyebabkan pengajuan KPR tanpa uang muka untuk rumahmu akan terhambat atau justru tidak diterima.
 

Oleh karena itu, Anda perlu menyelesaikan cicilan tepat waktu agar tidak ada kredit macet dalam riwayat kreditmu.
 
Namun, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan melalui pengajuan kredit rumah tanpa DP. Kelebihan pertama adalah Anda dapat membeli rumah dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, Anda bisa mengajukan KPR tanpa DP untuk segala tipe rumah.
 
Mulai dari rumah tapak, ruko, rumah susun, hingga rukan. Namun itu untuk kredit rumah pertama. Sementara kredit rumah selanjutnya dibatasi hanya untuk rumah tipe 21.

Cara-cara mengajukan KPR tanpa uang muka

Setelah menyiapkan syarat untuk mengajukan KPR tanpa DP, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda ikuti untuk pengajuan KPR 0 persen.

1. Pilih rumah impian

Sebelum datang ke bank, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu apa rumah yang ingin Anda beli. Selain itu, pastikan rumah yang Anda pilih juga menyediakan fitur KPR pada sistem pembayarannya.

2. Kunjungi bank penyedia KPR

Setelah memilih rumah, selanjutnya Anda bisa mengunjungi bank yang menyediakan jasa KPR tanpa uang muka. Selain itu, pilihlah program KPR tanpa DP dari bank yang sesuai dengan kemampuan.
 
Tips lain yang bisa Anda ikuti adalah dengan memilih bank yang memiliki bunga dan cicilan yang lebih rendah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih bank dengan jumlah tenor pembayaran yang panjang sehingga memudahkan Anda dalam mencicil.

3. Ikuti proses penilaian bank

Setelah Anda mengajukan KPR tanpa DP ke bank, selanjutnya pihak bank akan melakukan survei kelayakan dan riwayat nasabah. Proses ini dilakukan agar pihak bank dapat memastikan bahwa orang yang mengajukan KPR tanpa uang muka ke bank mampu untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar cicilan. Pengecekan meliputi riwayat dari nasabah hingga BI Checking terhadap nasabah.

4. Kredit disetujui

Setelah bank melakukan survei dan penilaian serta menentukan bahwa riwayatmu maupun BI Checking aman, bank akan menyetujui bahwa Anda dapat mengajukan KPR tanpa DP.
 
Selanjutnya, Anda dapat membuat serta mengajukan Surat Perjanjian Kredit (SPK) serta menunggu kredit dari bank cair. Setelah itu, Anda siap untuk membeli rumah tanpa KPR.
 
Itu tadi langkah-langkah dalam mengajukan KPR tanpa uang muka. Ternyata mudah bukan? Sudah saatnya Anda memiliki rumah impian melalui KPR tanpa DP.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(KIE)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Summerlane Rilis Sebelum Selamanya tentang Rasa Percaya dalam Hubungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *